E-COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL

RESUME

E-COMMERCE: PASAR DIGITAL, BARANG DIGITAL

 

  1. E-Commerce dan Internet

E-commerce merujuk pada penggunaan internet dan web untuk melakukan transaksi bisnis. E-commerce adalah lingkungan digital yang memungkinkan transaksi komersial terjadi di antara banyak organisasi dan individu. Pada umumnya, e-commerce berarti transaksi yang terjadi dalam internet dan web. Transaksi komersial melibatkan pertukaran nilai (misalnya uang) melintasi batas-batas organisasi atau individu sebagai imbalan atas barang dan jasa.

Dewasa ini, e-commerce tumbuh dengan pesat karena internet dan teknologi e-commerce jauh lebih kaya dan canggih daripada revolusi teknologi yang sebelumnya. Kelebihan unik dari internet dan web sebagai media komersial di antaranya adalah:

  1. Ada dimana-mana

E-commerce terdapat di mana saja dan kapan saja. E-commerce memungkinkan kita berbelanja dari computer pribadi, di rumah, di tempat kerja, atau bahkan dari kendaraan dengan menggunakan mobile commerce. Hasilnya disebut dengan ruang pasar (marketspace) – pasar yang diperluas melintasi batas-batas tradisional dan bukan lagi dari sebuah lokasi geografis yang sifatnya sementara.

  1. Jangkauan global

Teknologi e-commerce memungkinkan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan Negara dengan kenyamanan yang lebih tinggi dan biaya yang lebih efektif daripada dalam suatu sistem perdagangan yang tradisional. Akibatnya, ukuran pasar potensial untuk pedagang e-commerce secara kasar sama dengan ukuran populasi online dunia.

  1. Standar universal

Standar teknik untuk melakukan e-commerce merupakan standar universal. Standar ini digunakan oleh semua negara di seluruh dunia dan memungkinkan setiap komputer terhubung dengan komputer lainnya terlepas dari jenis platform teknologi masing-masing.

  1. Kaya manfaat

Dalam hal informasi, kaya manfaat merujuk pada kompleksitas dan isi dari suatu pesan. Web membuat kita dapat menghasilkan pesan yang kaya manfaat dengan teks, audio, dan viedo secara serempakke sejumlah besar orang.

  1. Interaktif

Tidak seperti teknologi komersial lainnya di abad ke-20, kecuali telepon, teknologi e-commerce sangat interaktif, yang berarti sangat memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan konsumen. Interaktivitas memungkinkan seorang penjual online terlibat dengan pelanggan dengan cara yang sama seperti aktivitas tatap muka, tetapi dengan skala yang lebih besar dan global.

  1. Kepadatan informasi

Internet dan web sangat meningkatkan kepadatan informasi – jumlah keseluruhan dan kualitas informasi tersedia untuk semua peserta, pelanggan, dan penjual di pasar. Teknologi e-commerce mengurangi biaya pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, dan penyampaian informasi, dan juga sangat meningkatkan kekinian, keakuratan, dan ketepatan waktu dari informasi.

  1. Personalisasi/penyesuaian

Teknologi e-commerce memungkinkan dilakukannya personalisasi. Pedagang dapat mengarahkan pesan pemasarannya pada orang-orang tertentu dengan menyesuaikan pesannya sesuai nama, minat, dan pembelian seseorang di masa lalu. Teknologi ini jg memungkinkan dilakukannya penyesuaian – mengubah barang atau jasa yang dijual sesuai dengan preferensi pengguna atau perilaku yang ia tunjukkan sebelumnya.

Internet sangat mengurangi biaya untuk mendapatkan dan mendistribusikan informasi dan menciptakan sebuah pasar digital dimana jutaan orang dapat bertukar sejumlah besar informasi secara langsung, cepat, dan gratis. Sebagai hasilnya, internet telah mengubah cara perusahaan menjalankan kegiatan bisnisnya.

Pasar digital internet sangat memperluas penjualan barang-barang digital. Barang digital adalah barang yang dapatdikirimkan melalui jaringan digital. Pada umumnya, untuk barang digital, biaya marginal untuk menghasilkan satu unit tambahan nyaris tidak ada. Tetapi, biaya untuk menghasilkan unit asli yang pertama ternyata cukup tinggi – pada kenyataannya ini hampir mencakup seluruh biaya dari barang karena biaya lain untuk persediaan dan distribusi sangat sedikit.

Hasil yang mendasar dari perubahan-perubahan dalam ekonomi informasi hampir merupakan revolusi dalam dunia perdagangan dengan banyaknya model bisnis baru yang bermunculan dan banyaknya model bisnis lama tidak lagi dapat dipertahankan. Diantara model-model bisnis tersebut: toko virtual, perantara informasi, perantara transaksi, pasar online, penyedia muatan, penyedia muatan, penyedia layanan online, komunitas virtual, dan portal.

Internet telah menciptakan banyak sekali komunitas online dimana orang-orang dengan minat sama dapat saling bertukar ide dari banyak lokasi yang berbeda. Beberapa komunitas virtual ini menyediakan dasar-dasar untuk bisnis baru. Situs jaringan social adalah jenis komunitas online yang telah menjadi sangat popular. Jaringan social adalah kegiatan memperbanyak jumlah kontak social atau kontak bisnis seseorang dengan membuat hubungan lewat individu-individu. Jaringan social begitu menarik sehingga menginspirasi sebuah jenis perdagangan baru yang disebut belanja social (social shopping).

Kemampuan uuntuk mengirimkan barang digital dan konten digital melalui web telah menghasilkan alternatif dari media televisi dan media cetak internasional. Terdapat situs web dimana kita dapat membaca versi digital dari publikasi cetak, seperti New York Times atau Wall Street Journal, dan jurnal online yang baru seperti Salon.com.

  1. E-Commerce

Kategori e-commerce berdasarkan sifat peserta yang terlibat dalam transaksi:

  • E-commerce bisnis ke konsumen (B2C) melibatkan penjualan produk dan layanan secara eceran kepada pembeli perorangan.
  • E-commerce bisnis ke bisnis (B2B) melibatkan penjualan produk dan layanan antarperusahaan.
  • E-commerce konsumen ke konsumen (C2C) melibatkan konsumen yang menjual secara langsung ke konsumen.

Internet dan e-commerce telah membantu beberapa penjual mendapatkan apa yang diidam-idamkan dalam dunia pemasaran: membuat produk untuk jutaan pelanggan yang sifatnya pribadi, suatu tugas yang tidak mungkin dilakukan pada pasar tradisional. Situs-situs web telah menjadi sumber melimpah dimana kita dapat mencari informasi terperinci tentang perilaku pelanggan, preferensinya, kebutuhannya, dan pola pembeliannya yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk menyesuaikan promosi, produk, layanan, dan harga. Alat penelusuran clickstream (clickstream tracking) mengumpulkan data tentang aktivitas pelanggan di situs-situs web dan mencatat data tersebut. Perangkat tersebut mencatat situs yang telah dikunjungi oleh pengguna sebelum membuka situs web tertentu dan ke mana pengguna pergi ketika menggunakan situs itu. Perangkat ini juga mencatat halaman tertentu yang dikunjungi pada situs tertentu, waktu yang digunakan untuk melihat setiap halaman situs, jenis halaman yang dikunjungi, dan apa yang dibeli pengunjung. Perusahaan menganalisis informasi tentang minat dan perilaku pelanggan untuk mengembangkan profil pelanggan potensial yang tepat dan juga profil pelanggan tetap.

Blog telah muncul sebagai alat pemasaran berbasis web yang menjanjikan. Blog, istilah popular untuk weblog, adalah halaman web pribadi yang biasanya berisi catatan yang urut secara kronologis oleh penulisnya, dan dihubungkan ke halaman-halaman web yang berkaitan.

Banyak perusahaan menggunakan situs web dan email untuk menjawab pertanyaan dari pelanggan atau untuk memberikan informasi barang kepada pelanggan, mengurangi kebutuhan tenaga ahli menangani pelayanan bagi pelanggan. Produk peranti lunak yang baru mengintegrasikan web dengan pusat panggilan pelanggan dimana permasalahan layanan pelanggan biasanya ditangani melalui telepon. Pusat panggilan (call center) merupakan bagian organisasi yang bertanggungjawab untuk menangani isu-isu layanan panggilan melalui telepon dan saluran lainnya.

Sekitar 80% dari e-commerce B2B masih didasarkan pada system berbayar untuk pertukaran data elektronik (electronic data interchange – EDI) yang memungkinkan pertukaran informasi computer antara dua organisasi dari transaksi standar, seperti penagihan, surat jalan, jadwal pengiriman, atau pesanan pembelian. Transaksi otomatis ditransmisikan dari system informasi yang satu ke sistem yang lain melalui jaringan, menghilangkan pencetakandanpenanganan kertas di satu sisi dan dalam proses memasukkan data di sisi lainnya.

  1. M-Commerce

Peralatan nirkabel bergerak (mobile) mulai digunakan untuk membeli produk dan layanan, selain juga digunakan untuk mengirim pesan. Meskipun m-commerce hanya mewakili sebagian kecil dari transaksi e-commerce, pendapatannya meningkat secara konstan.

Aplikasi m-commerce telah digunakan untuk layanan yang lebih mengutamakan ketepatan waktu sebagai tuntutan orang-orang yang selalu berpindah, atau untuk menyelesaikan tugas dengan leih efisien daripada menggunakan metode yang lain. Layanan m-commerce diantaranya adalah layanan berbasis muatan dan lokasi, layanan perbankan dan keuangan, periklanan nirkabel, serta permainan dan hiburan.

Meskipun telepon selular, PDA, dan perangkat genggam mobile lainnya sangat dimungkinkan untuk mengakses web setiap saat dan dari mana saja, jumlah informasi yang dapat diperoleh pada waktu tertentu dari perangkat-perangkat ini sebenarnya terbatas. Hingga layanan broadband 3G mulai banyak digunakan, perangkat-perangkat ini tidak akan mungkin dapat mengirim atau menerima data dalam jumlah yang besar. Informasi harus dapat masuk pada layar yang kecil.

  1. Sistem Pembayaran E-Commerce

Ada beberapa jenis system pembayaran elektronik, diantaranya adalah:

  • Sistem pembayaran kartu kredit digital

Sistem pembayaran ini memperluas fungsi dari kartu kredit sehingga kartu kredit ini dapat digunakan untuk pembayaran belanja secara online.

  • Sistem pembayaran mikro

Sistem ini telah dikembangkan untuk pembelian yang nilainya kurang dari $10, seperti mengunduh sebuah artikel atau klip music, yang akan menjadi terlalu kecil bagi pembayar kartu kredit yang konvensional. Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi atau sistem pembayaran nilai tersimpan sangat bermanfaat untuk tujuan ini.

  • Sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi

Sistem ini memungkinkan pembeli melakukan pembayaran mikro dan pembelian melalui web, mengakumulasikan saldo debit yang harus dibayar secara berkala melalui kartu kredit atau tagihan telepon. Qpass memungkinkan pelanggan nirkabel dikenakan biaya atau nada dering, permainan, atau produk dan layanan digital lainnya ke tagihan telepon bulanan mereka.

  • Sistem pembayaran nilai tersimpan

Sistem ini memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran online langsung ke penjual dan orang-orang lainnya yang didasarkan pada nilai yang tersimpan dalam sebuah rekening digital. System nilai online bergantung pada nilai yang tersimpan di bank, cek, atau rekening kartu kredit pelanggan, dan beberapa sistem ini membutuhkan penggunaan dompet digital.

  • Sistem pembayaran rekan ke rekan

Sistem berbasis web ini melayani mereka yang ingin mengirimkan uang kepada penjual atau perorangan yang belum memiliki sarana untuk menerima pembayaran melalui kartu kredit.

  • Sistem pembayaran cek digital

Sistem ini memperluas fungsi rekening cek yang ada sehingga cek ini dapat digunakan untuk pembayaran belanja online.

  • Sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik

Sistem ini digunakan untuk membayar tagihan bulanan rutin. System ini memungkinkan para pengguna untuk melihat tagihan mereka secara elektronik dan membayar mereka melalui dana elektronik yang ditransfer melalui rekening bank atau kartu kredit.

  1. Praktik Aplikasi SIM

Praktik aplikasi SIM dalam dunia nyata diantaranya adalah mengembagkan strategi e-commerce (Dirt Bikes USA) untuk mencapai kinerja operasional yang prima, menggunakan spreadsheet untuk menganalisis bisnis dot-com untuk memperbaiki proses pengambilan keputusan, serta mengevaluasi layanan hosting e-commerce untuk mencapai kinerja operasional yang prima.

 

Oleh: Liliek Yuliawati, S.Pd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s